https://lpkabatam.com/

Beberapa Gejala Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Beberapa Gejala Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan – Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Jika mengalaminya, kamu bisa saja merasakan gejala batu ginjal berbentuk nyeri di punggung, darah dalam urine, dan mual atau muntah.

Kebanyakan batu ginjal berukuran sebesar biji buncis, namun bisa termasuk seukuran butiran pasir dan sebesar bola golf. Batu kecil selanjutnya bisa melalui saluran kemih, namun sebagian situasi bisa saja butuh pembedahan untuk batu ginjal yang lebih besar.

Gejala Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Jika kamu punya batu ginjal yang berukuran sangat kecil, bisa saja tidak merasakan gejala apapun. Namun, kecuali batu ginjal berukuran lebih besar, bisa saja besar dapat mengalami sebagian gejala. Hanya saja, beberapa gejala seringkali terabaikan atau salah membatasi sebagai situasi lain yang lebih ringan. Berikut ini beberapa gejala batu ginjal yang tidak boleh diabaikan:

1. Nyeri punggung, perut, atau samping

Nyeri akibat batu ginjal merupakan salah satu tipe nyeri paling parah yang bisa kamu bayangkan. Beberapa orang yang pernah mengalami batu ginjal biasanya membandingkan rasa sakitnya bersama dengan melahirkan atau tertusuk pisau.

Rasa sakitnya lumayan hebat, biasanya berawal ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Hal ini membuat penyumbatan, yang membuat tekanan menumpuk di ginjal. Kamu bisa merasakan nyeri di sepanjang segi tubuh dan punggung, tepatnya di bawah tulang rusuk. Kondisi selanjutnya bisa saja menyebar ke daerah perut dan selangkangan saat batu bergerak turun lewat saluran kemih.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Panic Attack dan Anxiety Disorder

2. Nyeri atau perih saat buang air kecil

Gejala batu ginjal seterusnya yakni nyeri atau perih saat buang air kecil. Setelah batu meraih persimpangan antara ureter dan kandung kemih, kamu merasa merasakan sakit saat buang air kecil. Dokter bisa saja menyebut gejala ini sebagai disuria. Gejalanya bisa merasa tajam atau terbakar.

Jika kamu tidak sadar bahwa sedang mengidap batu ginjal, bisa saja kamu dapat salah mengira itu sebagai infeksi saluran kemih (ISK). Namun, kamu bisa mengalami ISK bersamaan bersama dengan batu ginjal.

3. Sering buang air kecil

Kamu bisa saja merasa selamanya ingin buang air kecil sepanjang hari dan malam. Gejala batu ginjal ini termasuk bisa menyerupai gejala ISK.

4. Darah dalam urine

Adanya darah dalam urine termasuk merupakan gejala yang paling umum terjadi. Gejala ini termasuk disebut sebagai hematuria. Darah dalam urine bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Terkadang, sel darah sangat kecil untuk diamati tanpa mikroskop (hematuria mikroskopis). Tapi dokter bisa lakukan pemeriksaan urine apakah mempunyai kandungan darah.

5. Urine terlihat keruh atau berbau

Penampilan urine yang sehat berwarna bening atau tidak berbau menyengat. Urine yang keruh atau berbau busuk bisa jadi tanda terdapatnya infeksi terhadap ginjal atau bagian lain dari saluran kemih.

6. Mual dan muntah

Gejala batu ginjal seterusnya yakni mual dan muntah. Hal ini berjalan karena terdapatnya koneksi saraf yang sama antara ginjal dan saluran pencernaan. Batu di ginjal bisa membuat saraf di saluran pencernaan supaya membuat sakit perut. Mual dan muntah termasuk bisa jadi langkah tubuh merespons rasa sakit yang hebat.

7. Demam dan menggigil

Selanjutnya, demam dan menggigil termasuk jadi gejala penyakit ini. Tanda terdapatnya infeksi terhadap ginjal atau bagian lain saluran kemih. Ini termasuk bisa jadi tanda terdapatnya kasus benar-benar lainnya selain batu ginjal. Demam apa pun yang disertai rasa sakit butuh perhatian medis segera. Terutama kecuali demam meraih 38 derajat Celcius atau lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *