https://lpkabatam.com/

Pengaruh Perkembangan Fashion Terhadap Gaya Bersosialisasi Dilingkungan Masyarakat

pengaruh perkembangan fashion terhadap gaya bersosialisasi dilingkungan masyarakat – Semua orang pasti sudah mengenal yang nama fashion atau pakaian pada dasarnya, Fungsinya sebagai penutup, pelindung, kesopanan dan daya tarik namun tidak menutup kemunkinan peran fashion adalah untuk sebagai identitas diri baik individual maupun kelompok. Sebagai bagian yang penting tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup bagi masyarakat, Fashion ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan sehari-hari.
Dalam ruang lingkup yang lebih luas fashion sendiri tidak hanya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian, namun juga dapat di maknakan sebagai gaya hidup seseorang yang di tunjukkan melalui cara mereka menggunakan sepatu, tas, dan berbagai aksesoris lainnya.

Fungsi dan Manfaat Fashion

Terkait dengan fungsi fashion dalam kehidupan masyarakat, Fashion tidak hanya sekedar di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Dan dengan banyak nya pilihan model pakaian bahkan setiap orang bisa berpenampilan modis dan trendy dengan karakter masing-masing.

Manfaat Fashion :

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Secara psikologi dapat membangun dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Salah satunya cara yang bisa di lakukan untuk rasa percaya diri dengan mengenakan pakaian yang bagus.Rasa percaya diri pasti akan meningkat dalam mengerjakan suatu pekerjan dan aktivitas.

2. Menjadi Sumber Daya Tarik

Bisa menjadi sumber daya tarik yang membuat seseorang merasa nyaman pada saat mendekatin orang lain. jika digabungkan dengan sifat sopan santun nya maka akan muncul aura yang menarik dan membuat orang merasa nyaman didekat nya.

3. Meningkatkan Ekspresi Diri

Ekspresi diri memiliki manfaat yang sangat besar pada seseorang, terutama saat ada acara bisa membuat hasil yang maksimal jika tampil,menjadikan diri lebih terampil di hadapat orang lain.

Dari yang kita tahu ada nya perbedaan pendapat mengenai arti dari kata fashion. Hal itu terjadi karena perkembangan fashion dari zaman ke zaman. Pengertian fashion pun juga beragam menurut para ahli, melalui teori dan statemen yang mereka punya. Berikut adalah beberapa pendapat fashion menurut para ahli:

1. Thomas Karlyle

Menurut Karlyle; “Pakaian adalah perlambang dari jiwa seseorang. Pakaian juga tidak dapat di pisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia.Yang berarti, fashion adalah kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu ataupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.

2. Malcolm Barnard

Mlcolm Barnard menemukan bahwa kata fashion terkait erat dengan kata latin “faction” yang arti nya melakukan. Dengan begitu dapat kita simpulkan, bahwa fashion sangatlah penting bagi manusia. Karena fashion yang dahulu nya di anggap sebagai busana ataupun objek kebutuhan untuk melindungi tubuh, kini menjadi kebutuhan gaya hidup manusia yang bertujuan untuk menunjang penampilan

3. Roland Barthes

Menurut Roland Barthes, fashion yang dapat di artikan sebagai sebuah sistem tanda (sign) yang akan menunjukkan siapa. Dan tentu saja mencangkup budaya apa yang dianut oleh seseorang yang memakainya.

Baca juga : Beberapa Cara Untuk Membuka Bisnis Toko Kelontong

KESIMPULAN

Nah, bagaimana peran fashion dalam kehidupan Anda? Apakah Anda juga menjadi salah satu orang yang mengamati dan tertarik dengan mode dan juga fashion? Jika demikian, tidak ada salahnya untuk mengasah minat tersebut dengan mendalaminya di sekolah fashion.
Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian fashion dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu jauh-jauh ke Italia, karena di Indonesia khususnya di Jakarta, Anda pun sudah bisa mendapatkan kesempatan bergabung dan berkontribusi di industri fashion bersama ribuan fashion enthusiast lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *